Langsung ke konten utama

Temanku Suamiku

 


Aku perlu menuliskan ini. Setidaknya untuk mengingat kembali bahwa aku punya teman yang paling setia. Tapi aku sering lupa dan merasa kesepian, hingga suatu hari aku berkata padanya.. 

"Aku ga punya teman lain selain mas. Setelah aku resign dari pekerjaan, aku ga ada temen ngobrol di saat jam kerja karena mas sedang bekerja, aku menahan 20000 kata yang seharusnya tiap hari aku ucapkan, aku hanya bisa nunggu sampai mas pulang. Aku, aku cuma berteman anime conan, dan ngelive pertandingan badminton, atau nonton drakor dan scroll sosmed. Aku dibekali banyak hiburan, tapi orang sesungguhnya di sampingku ya cuma mas. Kalo mas pulang kerja dan masih sibuk sama balesan wa kerjaan atau ajakan main game dari teman-teman mas, aku jadi ga punya temen buat ngobrol." 

Dan lanturan lainnya yang masih panjang terus aku ucapkan sambil berbaring membelakangi mas, dan sesekali menyeka air mata. Mas mendengarkan semuanya, dan di tengah sesenggukanku mas memelukku dari belakang sambil berucap "Maafin mas ya, maafin mas sayang jadi ngerasa kesepian, sayang mau kerja lagi? Sayang mau main ke tempat mba? Sayang mau apa?" 

Aku jawab sambil menyeka air mata, "Cuma pengin ngobrol yang banyak sama mas." 

"Iya iya, yaudah maafin mas ya. Udah jangan nangis lagi, mau ngobrol apa cerita apa sekarang," sambil memeluk semakin erat. 

Dan sesenggukanku sudah berhenti. Kujawab singkat, "Udah diceritain semuanya kan tadi, udah selese." 

Air mataku berhenti. Kami tertawa.

Cerita beberapa minggu yang lalu, dan membuat hari-hari setelahnya tidak ada lanturan sambil sesenggukan lagi. Mas membuktikannya dengan menemani setiap saat ketika berada di rumah. 

Seperti malam tadi ketika aku sedang mencuci piring. Aku selalu mencuci piring saat mas berada di rumah dan waktu yang tepat adalah malam hari. Karena malam, air di tempat kami baru bisa mengalir. Melihatku yang mencuci piring, mas kemudian membersihkan dapur. Mengelap kompor, membersihkan kerak dinding di belakang kompor, merapikan bumbu dapur dan menata isi rak-rak di dapur sampai benar-benar tertata rapi hingga aku selese mencuci piring. Begitu mencuci piring selese, mas yang bantu meletakkan ke rak piring. 

Hari-hari yang lain, ketika aku sedang mencuci piring, mas lantas ikut ke kamar mandi untuk mencuci baju. Kami mencuci piring dan baju dilakukan di kamar mandi yang tempatnya luas. Semua masih dilakukan secara manual. Dalam moment seperti itulah biasanya pergibahan terjadi. Seperti emak-emak yang sedang belanja di tukang sayur, bedanya kami berdua sedang mencuci piring dan mencuci baju. 

Diawali dengan mas yang membuka obrolan, "Mas ada cerita, tadi rame di grup wa, jadi gini...." 

"Kalo aku hari ini baca dua berita perselingkuhan, yang satu kemarin tuh ada update baru, terus yang hari ini beda lagi, jadi ternyata..." 

Mas menambahi cerita lagi, "Kenapa ya kok bisa kasus ini...." 

Obrolan yang panjang dan saling bergantian. Dinginnya air yang kami pakai untuk mencuci menjadi terasa hangat. Dihangatkan karena obrolan panjang tiap malam.

Pada cerita yang lain ketika aku jatuh sakit dan tak mampu melakukan pekerjaan rumah selama beberapa hari. Mas yang bergantian mengerjakannya dari mencuci piring, mencuci baju, menyetrika, menyapu, mengepel hingga memasak. Dilakukan ketika sebelum dan setelah bekerja. Apa mas mengeluh capek? 

Jawabannya tidak. 

Aku pernah bertanya, "Kenapa mas jadi orang sangat baik?" 

"Karena mencontoh dari kedua orang tua yang baik," begitu kira-kira jawabannya sambil sesekali malu-malu dan menegasi, "Mas dari dulu jarang bantu-bantu ibu sama bapak, lebih sering adek yang bantuin ibu. Tiap kali mas ikut bapak ke sawah malah ngga boleh ngapa-ngapain, mungkin karena badan mas yang kecil." Dan dilanjutkan dengan cerita kehidupan mas masa kecil. Kalo sudah bercerita tentang kehidupan masa kecil, terlihat banyak perbedaan antara aku dan mas.

Kehidupan mas waktu kecil bahkan sampai SMP, listrik saja masih kesulitan, berbanding terbalik dengan aku yang sejak SD sudah punya komputer di rumah. Panjang kisahnya dan mas sering mengulang-ulang ceritanya sambil mengingat kehidupan di tempat masa kecilnya dulu. 

Isinya setiap hari kehidupan aku dan mas adalah bercerita. Pada cerita yang lain aku sempat menanyakan begini, "Apa mas masih sayang sama aku kalo aku resign dari pekerjaan? Apakah aku masih jadi perempuan yang berharga kalo aku tidak bekerja dan hanya mengurus rumah? Apakah aku masih terlihat cantik dan pintar buat mas dengan aku yang bukan siapa-siapa setelah tidak bekerja?" 

"Tentulah, sayang tetap berharga dengan bekerja atau tidak bekerja, makasih ya sudah mengurusi mas," dan jawaban lainnya yang tidak begitu aku ingat tapi tetap menguatkan. (Baca: Sembilan Hari)

Keputusan berhenti bekerja tentu awalnya membuatku ragu. Selain aku butuh untuk penghasilan sendiri, juga karena aku dan mas dipertemukan dalam instansi pekerjaan yang sama. Lantas, pikiran-pikiran negatif itu melintas ketika aku memilih untuk berhenti bekerja. Tapi mas menguatkan. Dan tetap mengijinkan jika suatu saat nanti aku bekerja di tempat yang lebih dekat, dan tidak terlalu menguras tenaga. Juga pada intinya tetap membuatku bahagia. 

Hingga saat ini, aku memilih masih menjadi ibu rumah tangga. Jika rejeki berupa materi masih bisa aku dapatkan, semoga bekerja dari dalam atau di luar rumah bisa segera aku lakukan. 

Balik lagi ke awal cerita. Intinya, kesepian setelah menikah pernah aku rasakan, kemudian aku bicarakan bersama pasangan. Respon penerimaan dan mau sama-sama belajar membuatku menjadi manusia yang berharga dan bahagia. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Yang Fana adalah Waktu

Judul Buku : Yang Fana Adalah Waktu Penulis : Sapardi Djoko Damono Tahun Terbit: 2018 Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Tebal : 146 halaman ISBN : 978-602-03-8305-7 Genre : Fiksi Pernah menjalani hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship ? Bagaimana rasa rindunya? Bagaimana penantiannya? Bagaimana rasa saling percaya yang ditumbuhkan? Begitu pun bagaimana menjaga hati agar tetap setia? Barangkali novel ketiga dari Trilogi Hujan Bulan Juni milik Sapardi Djoko Damono bisa menggambarkannya. Sinopsis Berkisah tentang Sarwono yang ditinggal pergi kekasihnya Pingkan, untuk menempuh pendidikan di Jepang. Mereka menjalani hubungan jarak jauh Solo-Kyoto Jepang, tapi tetap saling kirim kabar. Hingga suatu hari kepercayaan diantara keduanya sempat pudar, sebab ada orang ketiga yang membuatnya nyaman. Hal yang paling sulit dari hubungan jarak jauh adalah menjaga perasaan. Masing-masing dari mereka paham betul hati mereka tertuju pada siapa. Tapi, y

Review Buku 24 Jam Bersama Gaspar : Sebuah Cerita Detektif

Judul Buku       : 24 Jam Bersama Gaspar : Sebuah Cerita Detektif Penulis             : Sabda Armandio Alif Tahun Terbit    : 2017 Penerbit          : Mojok Tebal                : xiv + 228 halaman ISBN                 : 978-602-1318-48-5 Sebuah novel detektif bercerita perampokan toko emas namun tujuan utamanya menemukan kotak hitam. Sepanjang delapan bab, penulis membuat pembaca menerka isi kotak hitam. Apa alasan terbaik mencuri toko emas namun yang diincar justru sebuah kotak hitam? Namanya cerita detektif, jangan terkecoh dengan alur cerita. Bagi yang gemar mengikuti cerita detektif tentu selalu ada maksud tersembunyi dari semua cerita yang dimunculkan. Begini cerita 24 Jam Bersama Gaspar... Gaspar dan Perampokan Toko Emas Gaspar bukan nama sebenarnya, sedang merencanakan perampokan toko emas milik Wan Ali. Untuk melancarkan aksinya, Gaspar mengajak Agnes, Kik, Njet, Pongo, dan Pingi (bukan nama sebenarnya). Penggunaan nama samaran ini untuk melindung

Baalveer: antara dongeng dan modernitas

source.net Dengan memanggil namanya, dia akan datang untuk menyelamatkan. Dengan melihatnya di tv, dia muncul bak superhero abad 20 yang begitu terkenal. Julukannya ‘pahlawan penyelamat anak-anak’. Serial India sedang membanjiri tanah air. Dimulai dari film, sinetron, hingga artis dari negeri Bollywood itu dicintai tayang di Indonesia. Hampir setiap tv terdapat tayangan yang berasal dari India. Salah satu serial drama yang saat ini hadir setiap hari di tv (sebut saja antv) menjadi salah satu tayangan favorit anak-anak. Baalveer, seorang anak yang terlahir dari peri bernama Baal Peri menjadi sosok yang paling dicintai anak-anak. Dengan baju berwarna oren, berselendang merah, serta tongkat sakti sebagai senjatanya, membuat dia dijuluki pahlawan bagi anak-anak. Di sela-sela pekerjaannya menyelamatkan anak-anak, dia pun sering muncul di tv. Mengapa Baalveer di tv? Beberapa episode Baalveer, ia sering tampil untuk mengklarifikasi segala hal yang berkaitan dengan anak-anak. Ter