Langsung ke konten utama

Berkenalan dengan Teknologi Komunikasi

Judul ini saya awali dengan kata ‘berkenalan’. Berkenalan dengan definisi teknologi komunikasi, berkenalan dengan sejarah teknologi komunikasi dan berkenalan dengan pemahaman mengenai teknologi komunikasi.
Teknologi pada abad ini sesungguhnya sudah menjadi bagian dari peradaban manusia. Setiap harinya kehidupan manusia erat kaitannya dengan teknologi. Termasuk mengenai teknologi komunikasi.
Banyak orang beranggapan bahwa teknologi komunikasi berarti suatu alat, benda, atau biasa disebut dengan hardware. Sebenarnya pengertian teknologi tidak sebatas seputar alat komunikasi. Lebih jauh dari itu, bahwa teknologi komunikasi bisa diartikan ke dalam perpektif sosial. Mengapa demikian? Berikut perkenalan teknologi komunikasi.
Definisi Teknologi Komunikasi
Teknologi berasal dari bahasa latin yang berakar dari kata texere, yang artinya menyusun atau membangun. Teknologi memiliki dua aspek untuk menjalankannya hardware dan software. Sedangkan menurut Roger, teknologi adalah “a design for instrumental action that reduces the uncertainty in cause-effect relationship involve an achieving a desired outcome.” Teknologi merupakan sebuah perangkat untuk membantu aktivitas kita dan dapat mengurang ketidakpastian yang disebabkan oleh hubungan sebab akibat yang melingkupi dalam mencapai suatu tujuan (Noegroho, 2010; 2).
Roger berpendapat bahwa teknologi komunikasi diartikan sebagai perlengkapan hardware, struktur organisasi, dan nilai-nilai sosial dimana individu-individu mengumpulkan, memproses, dan tukar-menukar informasi dengan individu-individu lain (Noegroho, 2010; 3).
Dari pengertian Roger di atas, titik utama mengenai teknologi komunikasi bukanlah terletak pada hardware. Namun teknologi komunikasi lebih menekankan pada nilai-nilai sosial. Dalam menciptakan suatu alat tentunya yang pertama dimunculkan adalah ide. Ide ini bersumber pada nilai-nilai sosial. Setelah muncul ide, kemudian terciptalah hardware suatu bentuk alat komunikasi. Munculnya teknologi komunikasi ini akan merubah struktur organisasi yang ada pada masyarakat. Misalnya saja, kebiasaan masyarakat dalam memperoleh informasi dari yang semula berkirim surat, dengan hadirnya teknologi informasi maka terciptalah hp, laptop, gadget, memperoleh informasi menjadi secepat kedipan mata. Dan semua peralatan teknologi itu tentunya merubah pola kehidupan yang ada pada masyarakat.
Perkembangan Teknologi Komunikasi
Diciptakan oleh manusia, teknologi pun mengalami perkembangan. Masa demi masa terciptanya teknologi ini secara bertahap. Dari mulai penciptaan simbol-simbol (disebut Writing Era) kemudian ditemukan kertas yang disebut (Printing Era). Meningkat ke tahap selanjutnya yakni mulai ditemukannya teknologi (Telecommunication Era), dan meningkatkan kecanggihan teknologi informasi (Interactive Communication Era).
a.      Writing Era
Era ini dimulai 4000 tahun SM. Berawal dari orang Sumeria yang menulis di tanah liat. Kemudian di tahun 1041 di China, Pi Sheng menemukan alat cetak tulisan pada buku yang dapat bergerak. Sementara itu sebagai pengganti tanah liat di Korea, pada tahun 1241 ditemukan jenis logam.
b.      Printing Era
Era percetakan ini berawal ketika Injil Gutenberg dicetak dengan jenis logam yang dapat bergerak dan sebuah hand press pada tahun 1456. Kemudian tahun 1833, sirkulasi media cetak pertama yang terkenal dengan *penny press* Vulgar, sensasional dan murah harganya 1 sen, New York Sun, 30.000-40.000 eks dapat dicetak. Perkembangan selanjutnya di tahun 1839 ketika metode praktik fotografi dikembangkan oleh Daguerre untuk mendukung surat kabar.
c.       Telecommunication Era
Era telekomunikasi ini ditandai ketika Samuel Morse mengirim pesan pertama dengan telegraf di tahun 1844. Setelah telegraf, giliran Alexander Graham Bell mengirim pesan pertama lewat telepon. Telepon ini ditemukan tahun 1876. Kemudian muncul gambar bergerak dan film yang ditonton publik pada tahun 1894. Perkembangan selanjutnya tedapat Gugliemo Marconi mengirim pesan melalui radio pada tahun 1895. Setelah teknologi secara audio, visual telah ditemukan, maka saatnya teknologi yang menggabungkan keduanya yaitu audio-visual mulai diciptakan. Di tahun 1933 terdapat alat televisi diperagakan oleh RCA. Dan pada tahun 1941 terdapat televisi komersil pertama.
d.      Interactive Communication Era
Era interaktif komunikasi berawal ketika mainframe komputer pertama yang bernama ENIAC oleh Universitas Pennsylvania, dengan 18.000 vacuum tube ditemukan pada tahun 1946. Setelah itu perkembangan selanjutnya terdapat Rusia meluncurkan satelit ruang angkasa yang bernama Sputnik tahun 1957. Tak mau ketinggalan, NASA menerbangkan pesawat Ruang Angkasa dengan mikrokomputer 3.000 lebih kecil dari ENIAC pada tahun 1969. Perkembangan demi perkembangan terus dilakukan dengan dimunculkannya berbagai macam kecanggihan teknologi. Termasuk ketika ditemukan mikroprosesor, CPU (Central Processing Unit) dengan semikonduktor berupa chip, oleh Ted Hoff pada Intel Corp., diperusahaan mikroelektronik Silicon Valley di tahun 1971. Hingga perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih ditemukan tahun 1979 ketika Sistem Videotextdiluncurkan oleh British Post Office.
Karakteristik Teknologi Komunikasi
Mc.Luhan pernah berpendapat bahwa teknologi merupakan perpanjangan tangan manusia. Jika muncul pertanyaan kenapa teknologi selalu berkembang? Maka dapat dipahami bahwa manusia memiliki nafsu selalu ingin lebih baik. Artinya manusia tidak pernah merasa puas dengan teknologi yang ada dan berusaha untuk terus mengembangkannya. Sadar atau tidak bahwa perkembangan teknologi sesungguhnya hanyalah redudansi. Redudansi ini diartikan semakin canggih teknologi justru fungsinya hanya akan kembali kepada fungsi manual. Sebagai contoh, smartphone yang sekarang ini dikatakan semakin canggih justru fungsi istimewanya adalah bisa digunakan untuk menulis secara manual.
Melihat dari definisi teknologi komunikasi, terdapat beberapa karakteristik dari teknologi komunikasi ini diantaranya:
a.      Interactivity. Yakni perilaku komunikasi yang lebih efektif.
b.      De-massifed. Bisa diartikan sebagai kemampuan menyampaikan pesan khusus antara individu dalam audience yang sangat banyak. Sebagai contoh ketika berkomunikasi di dunia maya. Pesan dari seorang individu bisa diterima secara luas.
c.       Asynchronous. Kemampuan mengirim dan menerima pesan kapan pun.
Kesimpulan dari teknologi komunikasi yaitu dapat diambil tiga poin. Pertama perspektif teknologi komunikasi lebih mengedepankan tentang perspektif sosial. Kemudian nafsu manusia dalam mengembangkan teknologi itu terletak pada kontennya. Jadi yang berkembang dan ingin terus diperbarui ialah konten dari alat itu. Kemudian, teknologi komunikasi yang merubah karakteristik manusia dari personal menjadi umum.

Daftar Pustaka
Noegroho, Agoeng. 2010. Teknologi Komunikasi Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Yang Fana adalah Waktu

Judul Buku : Yang Fana Adalah Waktu Penulis : Sapardi Djoko Damono Tahun Terbit: 2018 Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Tebal : 146 halaman ISBN : 978-602-03-8305-7 Genre : Fiksi Pernah menjalani hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship ? Bagaimana rasa rindunya? Bagaimana penantiannya? Bagaimana rasa saling percaya yang ditumbuhkan? Begitu pun bagaimana menjaga hati agar tetap setia? Barangkali novel ketiga dari Trilogi Hujan Bulan Juni milik Sapardi Djoko Damono bisa menggambarkannya. Sinopsis Berkisah tentang Sarwono yang ditinggal pergi kekasihnya Pingkan, untuk menempuh pendidikan di Jepang. Mereka menjalani hubungan jarak jauh Solo-Kyoto Jepang, tapi tetap saling kirim kabar. Hingga suatu hari kepercayaan diantara keduanya sempat pudar, sebab ada orang ketiga yang membuatnya nyaman. Hal yang paling sulit dari hubungan jarak jauh adalah menjaga perasaan. Masing-masing dari mereka paham betul hati mereka tertuju pada siapa. Tapi, y

Review Buku 24 Jam Bersama Gaspar : Sebuah Cerita Detektif

Judul Buku       : 24 Jam Bersama Gaspar : Sebuah Cerita Detektif Penulis             : Sabda Armandio Alif Tahun Terbit    : 2017 Penerbit          : Mojok Tebal                : xiv + 228 halaman ISBN                 : 978-602-1318-48-5 Sebuah novel detektif bercerita perampokan toko emas namun tujuan utamanya menemukan kotak hitam. Sepanjang delapan bab, penulis membuat pembaca menerka isi kotak hitam. Apa alasan terbaik mencuri toko emas namun yang diincar justru sebuah kotak hitam? Namanya cerita detektif, jangan terkecoh dengan alur cerita. Bagi yang gemar mengikuti cerita detektif tentu selalu ada maksud tersembunyi dari semua cerita yang dimunculkan. Begini cerita 24 Jam Bersama Gaspar... Gaspar dan Perampokan Toko Emas Gaspar bukan nama sebenarnya, sedang merencanakan perampokan toko emas milik Wan Ali. Untuk melancarkan aksinya, Gaspar mengajak Agnes, Kik, Njet, Pongo, dan Pingi (bukan nama sebenarnya). Penggunaan nama samaran ini untuk melindung

Baalveer: antara dongeng dan modernitas

source.net Dengan memanggil namanya, dia akan datang untuk menyelamatkan. Dengan melihatnya di tv, dia muncul bak superhero abad 20 yang begitu terkenal. Julukannya ‘pahlawan penyelamat anak-anak’. Serial India sedang membanjiri tanah air. Dimulai dari film, sinetron, hingga artis dari negeri Bollywood itu dicintai tayang di Indonesia. Hampir setiap tv terdapat tayangan yang berasal dari India. Salah satu serial drama yang saat ini hadir setiap hari di tv (sebut saja antv) menjadi salah satu tayangan favorit anak-anak. Baalveer, seorang anak yang terlahir dari peri bernama Baal Peri menjadi sosok yang paling dicintai anak-anak. Dengan baju berwarna oren, berselendang merah, serta tongkat sakti sebagai senjatanya, membuat dia dijuluki pahlawan bagi anak-anak. Di sela-sela pekerjaannya menyelamatkan anak-anak, dia pun sering muncul di tv. Mengapa Baalveer di tv? Beberapa episode Baalveer, ia sering tampil untuk mengklarifikasi segala hal yang berkaitan dengan anak-anak. Ter